Senin, 05 September 2016

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Bagian Belakang Saat Hamil Muda

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Bagian Belakang Saat Hamil Muda - Ibu hamil umumnya akan sering merasa nyeri dan pegal pada bagian pinggang. Hal itu yang membuat para ibu hamil mengeluh karena badan terasa kurang nyaman. Apalagi saat usia kehamilan mendekati saat melahirkan, maka rasa nyeri pinggang belakang dan pegal pun akan sering dirasakan oleh sang ibu.

Pada umumnya rasa nyeri dan pegal di pinggang itu merupakan hal yang wajar dialami oleh para ibu hamil, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Rasa nyeri pinggang saat hamil merupakan sebagai akibat dari perubahan fisik yang dialami sang ibu karena proses kehamilan itu sendiri. Ketika Anda sedang hamil dan kondisi perut makin membesar maka beban berat badan berubah menjadi semakin ke depan.

Rasa nyeri dan pegal yang terjadi di pinggang saat hamil memang tidak ada obatnya dan tidak bisa diobati karena hal itu merupakan proses alami dan akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun, untuk mengurangi rasa sakit yang dialami Anda dapat melakukan istirahat yang cukup. Jangan berdiri dalam jangka waktu yang lama karena tubuh wanita hamil memang tidak dirancang untuk melakukan hal itu. Ketika rasa nyeri pinggang mulai terasa sebaiknya Anda segera mengambil posisi duduk dan jangan melakukan aktifitas fisik apapun. Lihat juga solusi pengobatan yang tepat untuk sakit pinggang membantu mengobati sakit pinggang secara aman. Untuk selengkapnya mengenai obat herbal ini klik Jelly Gamat Qnc

Orang yang sedang hamil akan jauh lebih mudah merasa lelah dibanding orang yang tidak sedang hamil. Untuk itu, mengurangi aktifitas dan memperbanyak istirahat saat sedang hamil merupakan hal yang sangat penting sekali dilakukan.

Jika dengan posisi duduk tidak membuat rasa nyeri yang terjadi di pinggang tidak juga membaik, maka sebaiknya Anda melakukan posisi istirahat yang paling baik untuk wanita hamil adalah dengan posisi tidur miring ke sebelah kiri. Dengan memperbanyak waktu istirahat saat sedang hamil tentunya akan dapat mengoptimalkan kehamilan dan sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Berikut ini merupakan tujuh tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang yang Anda alami di masa kehamilan:

1. Kenakan Sepatu yang Tepat
Pakailah sepatu yang nyaman dan tepat, yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Sepatu hak tinggi (high heels) dapat menciptakan tekanan pada tulang belakang dan sendi panggul Anda. Sedangkan, flat shoes juga bukanlah jawaban. Penggunaan sepatu yang tepat dapat mencegah Anda mengalami sakit pinggang saat hamil, karena posisi kaki yang buruk selain dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh Anda juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada pinggang Anda. Gunakan sepatu yang memiliki hak rendah (maksimal 5cm) untuk membantu Anda memposisikan berat yang ditopang kaki Anda sehingga badan Anda menjadi lebih stabil

2. Atur Pola Makan yang Sehat
Ketika Anda hamil, tulang-tulang pada tubuh Anda memerlukan lebih banyak asupan kalsium. Banyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang Anda. Selain itu, penuhi asupan cairan yang banyak dibutuhkan oleh tubuh Anda selama hamil. Minumlah air putih setidaknya delapan gelas sehari.

3. Lakukan Olahraga Ringan Secara Rutin
Aktivitas fisik ringan yang teratur juga dapat meredakan sakit pinggang yang Anda derita selama kehamilan. Berjalanlah ringan keliling kompleks di setiap pagi. Selain dapat menyegarkan pikiran Anda saat berjalan di pagi hari yang sejuk, udara pagi yang masih belum terpapar banyak polusi sangatlah bagus bagi kesehatan Anda maupun bayi Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan olahraga ringan lainnya seperti berenang. Berenang merupakan satu dari beberapa kegiatan olahraga yang sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang hamil, karena berenang dapat meringankan tekanan yang ada pada saraf-saraf tubuh Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti kelas yoga atau pilates, dan carilah kelas khusus untuk wanita hamil. Jikalau Anda terpaksa untuk mengikuti kelas reguler, pastikan instruktur Anda tahu bahwa Anda sedang hamil.
Namun, tetap pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai olahraga ringan seperti apa yang baik dan tepat bagi Anda. Jangan paksakan diri Anda untuk melakukan olahraga yang berat, atau sakit pinggang yang Anda derita akan semakin parah.

4. Mengangkat benda dengan posisi yang tepat
Ketika hendak mengangkat benda yang kecil, berjongkoklah lalu angkat menggunakan kaki Anda. Jangan menekuknya di bagian pinggang atau angkat dengan punggung Anda. Penting pula bagi Anda untuk tahu batas kesanggupan Anda. Jika Anda rasa tidak sanggup, Anda bisa mencari bantuan.

5. Tidur Menyamping
Selama hamil, Anda sebaiknya menghindari tidur dengan posisi telentang, karena posisi tidur seperti ini selain tidak nyaman juga sangatlah tidak baik bagi Anda maupun bayi Anda. Tidurlah dengan posisi menyamping dan letakkan bantal di antara lutut Anda untuk mengurangi ketegangan yang ada pada panggul dan punggung bawah Anda. Gunakan bantal hamil untuk mendapatkan posisi tidur menyamping yang nyaman buat ibu hamil. Jika tidur menyamping membuat pinggang Anda semakin terasa sakit, dekatkan bantal hamil pada punggung Anda untuk mengurangi tekanan pada pinggang Anda selama tidur. Bantal hamil terbaik untuk posisi ini adalah bantal hamil U karena bisa mengcover punggung anda dengan baik.